Doa Keselamatan Perjalanan


Hari ini adalah Jumat Pertama dalam bulan November, sesuai dengan tradisi, umat Katolik selalu mengadakan misa Jumat Pertama di paroki nya masing-masing. Sebelum misa dimulai, saya menemukan doa yang kata-katanya sungguh mengena, khususnya dalam persiapan saya menuju Sydney, Australia, pada tanggal 11 November 2016 nanti.  Awal doa ini bercerita bagaimana Allah selalu menyertai para hamba-Nya, mulai dari Perjanjian Lama sampai Perjanjian Baru, yang seakan membuka mata saya untuk kembali berpikir “Tidak Usah Takut“. Doa Keselamatan Perjalanan, dari Puji Syukur no.149, saya ingin sekali membagikannya.

Ya Allah, Engkau telah menghantar hamba-Mu Abraham keluar dari negerinya, dan melindungi dia di sepanjang perjalanannya. Engkau telah menghantar bangsa Israel ke Tanah Terjanji melalui padang gurun yang luas mencekam, penuh tantangan dan bahaya. Engkau telah mengutus malaikat-Mu menyertai Tobia dalam perjalanannya ke negeri yang asing baginya. Engkau pun telah menunjukkan jalan kepada ketiga sarjana dari Timur. Meski harus menempuh perjalanan yang lama dan berat, akhirnya mereka sampai kepada Yesus, tujuan perjalanan mereka.

Maka kami mohon, tuntunlah kami sepanjang perjalanan yang akan kami tempuh. Jadilah naungan kami di saat panas terik; tempat berteduh di kala hujan dan dingin. Jadilah penopang kami di waktu penat, penghiburan bila kami ditimpa kemalangan. Jadilah pula tongkat kami di jalan yang sulit, dan pelabuhan yang aman kalau bahtera kami terancam bahaya karam. Semoga di bawah pimpinan-Mu kami siap dan tabah menghadapi segala kesulitan, dan bahaya dalam perjalanan.

Ya Allah, semoga perjalanan ini mengingatkan kami akan perjalanan ke tanah air abadi. Semoga dalam ziarah hidup ini kami selalu tekun, tabah, dan setia. Semoga kami tiba dengan aman sentosa pada tujuan perjalanan hidup setiap insan, yakni Yesus Kristus, Tuhan kami. (Amin.)

Sumber teks doa

Sumber gambar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s