Kisah Raja Kura-Kura


Cerita ini saya dapat dari teman saya ketika kami sharing hari Minggu malam yang lalu, 27 Agustus 2016, di Gereja Theresia Jakarta. Cerita yang sederhana, namun mengena di hati saya, khususnya menjelang suatu proses perubahan yang akan saya alami dalam waktu dekat ini. Selamat membaca!

Alkisah, di suatu kerajaan hewan hiduplah seorang raja kura-kura. Suatu ketika, raja kura-kura tersebut mengalami sakit parah dan depresi berat. Oleh karena itu, panglima kerajaan mengadakan sebuah tantangan untuk membuat raja tertawa kembali. Jika penerima tantangan berhasil, ia akan mendapatkan setengah bagian dari kerajaan. Namun jika ia gagal, maka ia harus bersiap dieksekusi mati. Tantangan yang terasa berat tersebut, pada akhirnya hanya diikuti oleh tiga peserta, seekor kera, seekor keledai, dan seekor jerapah.

Penantang pertama, si kera mulai melakukan aksinya untuk membuat sang Raja tertawa. Namun apa daya, sang Raja tetap terdiam tanpa kata. Eksekusi mati pun segera dilakukan kepada si kera. Penantang kedua, si keledai, dengan upaya terbaiknya berusaha menghibur sang Raja, namun kembali sang Raja tidak bereaksi apa pun. Eksekusi mati kedua dilakukan, betapa sedihnya. Kemudian, ada hal yang berbeda saat penantang ketiga, si jerapah, baru akan memulai aksinya. Si jerapah belum memulai aksinya, namun sang Raja Kura-Kura sudah tertawa bahagia terbahak-bahak. Ternyata tawa dari sang Raja Kura-Kura berasal dari aksi dan usaha yang sudah dilakukan oleh si monyet dan si keledai.

Apa pesan moralnya?
Terkadang kita hidup di dunia yang serba terburu-buru, semua ingin cepat-cepat mencapai targetnya. Kisah ini mengajarkan, ada waktunya kita berhenti sejenak, refleksi diri sendiri, dan bahkan tidak melakukan apapun. Karena saat itulah, kita akan menemukan our life purpose, apakah yang sudah kita lakukan saat ini sudah sesuai dengan tujuan hidup kita?

Pause your game of life, and find your life purpose!

Sumber gambar:
http://hyrenmasters.deviantart.com/art/King-Turtle-325847529

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s