Sedikit Cerita dari Yayasan Prima Unggul


Panti Asuhan, sebuah nama yang terbesit di pikiran banyak orang sebagai tempat dimana anak-anak yatim piatu dikumpulkan, yang seakan-akan tidak ada lagi masa depan untuk mereka. Yayasan Prima Unggul (selanjutnya disingkat YPU), yang juga dikenal sebagai Panti Asuhan Keluarga Kasih, sebagai salah satu Panti Asuhan di Jakarta, berusaha mengubah pola pikir kebanyakan orang tentang hal tersebut. YPU sebagai organisasi non-profit yang berkomitmen menyediakan pendidikan berkualitas berbasis kewirausahaan untuk anak-anak yatim piatu di Indonesia.

 

Entrepreneurship

Minimnya kesempatan bagi anak miskin atau panti asuhan untuk memperoleh pendidikan berkualitas, memotivasi para founder YPU untuk mendirikan organisasi non-profit ini. Kurikulum yang dirancang oleh para Akademisi bersama para Pebisnis berfokus pada:

  • Hospitality Entrepreneurship (Kewirausahaan Jasa)
  • Digital Entrepreneurship (Kewirausahaan Digital)
  • Information Entrepreneurship (Jurnalistik)
  • Retail Entrepreneurship (Kewirausahaan Ritel)
  • Green Entrepreneurship (Kewirausahaan Ramah Lingkungan)

Realisasi dari pembelajaran kewirausahaan ini terwujud dalam berbagai program dan kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak panti seperti menjual beragam kue, cuci motor, penjualan tiket pesawat, menjadi pengajar relawan pelajaran matematika dan bahasa Inggris bagi siswa SD dari keluarga kurang mampu, sampai dengan membangun usaha Rumah Makan YPU lewat ilmu bisnis secara menyeluruh, mulai dari soft launching, produksi, promosi, pelayanan terhadap konsumen, hingga tata kelola keuangan.

Musibah Kebakaran

kebakaran_ypu_1kebakaran_ypu_2
Musibah kebakaran, 29 Maret 2015 yang lalu, yang menimpa lokasi Panti Asuhan di daerah Kayu Putih, Jakarta Timur ini, turut menghanguskan tempat tinggal mereka sekaligus usaha Rumah Makan YPU yang sudah dibuka sejak 20 September 2012.
Walau mengalami musibah seperti ini, keceriaan dan semangat hidup untuk bangkit dari anak-anak dan pengurus panti sangat LUAR BIASA. Sangat menginspirasi kita yang terkadang lebih mudah mengeluh daripada bersyukur, lebih mudah pasrah dan menyerah daripada berusaha bangkit lagi alias ‘Move On’.

CD Album

Salah satu upaya ‘Move On‘ yang dilakukan oleh anak-anak YPU, salah satunya adalah lewat perilisan CD Album berisi lagu-lagu yang mereka kreasikan bersama. Saya menyisihkan sedikit dari uang jajan saya untuk membeli CD Album yang keren ini, beberapa waktu yang lalu. Kualitasnya? Tidak diragukan lagi, ini salah satu karya luar biasa yang pernah saya dengarkan di telinga saya, baik dari lirik, aransemen lagu dan vokalnya. Ditunggu karya-karya selanjutnya, adik-adik YPU! 🙂

cd_album_menggapai_angan_ypu
Instagram

Drama Musikal

Tahun 2015 kemarin, menjadi tonggak baru bagi YPU untuk menampilkan talenta-talenta yang mereka miliki. Drama musikal berjudul “Menggapai Angan”, bercerita tentang kisah nyata perjuangan anak-anak panti asuhan untuk bertahan hidup di tengah kerasnya kehidupan di kota Jakarta. Drama musikal ini mengingatkan saya akan filosofi, “Banyak orang berani untuk MATI, tapi hanya sedikit orang yang berani untuk HIDUP.”

drama-musikal-ypu
Instagram

Penutup

Jadi, untuk teman-teman yang mungkin sedang berencana melakukan kegiatan sosial, Yayasan Prima Unggul bisa menjadi salah satu pilihan bagi kalian. Dukung anak-anak bangsa ini menggapai angan-nya, dengan berbagi sedikit saja dari kelebihan yang kita miliki. Damn, I Love Indonesia! 🙂

enlik_ypu_2015.jpg

Referensi

Offical Website
Official Website versi lama
Facebook
Twitter
Instagram
Youtube

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s