#GeMiGu edisi 3 | 01-07 Februari 2016


Tanpa terasa, bulan pertama di tahun 2016 akhirnya berakhir. Minggu ini, beberapa saudara kita yang berketurunan Tionghoa (termasuk saya), sedang bergembira untuk menyambut hari raya Imlek yang jatuh pada hari Senin, 8 Februari 2016 ini. Beberapa kesibukan baik dari pekerjaan utama maupun pekerjaan sampingan menjadi salah satu penyebab saya kembali terlambat mempersiapkan blog post mingguan ini.

Ok tanpa intermezzo panjang lebar lagi, inilah GeMiGu edisi ketiga,

1.) The Witcher 3: Wild Hunt (PC, Xbox One, PS4)

witcher-3-1.jpg

Tidak bisa dipungkiri, kisah Geralt di Northern Realm ini layak mendapatkan penghargaan di berbagai ajang game awards yang ada pada tahun 2015 yang lalu. Kualitas penyampaian cerita yang luar biasa, visual yang fantastis, sidequest yang sungguh-sungguh niat dibuat, soundtrack yang berkualitas, karakter yang memorable, dan segala unsur yang kita inginkan dalam sebuah game RPG, hampir semuanya ada di dalam game karya CD Projekt Red ini. Tidak heran tahun 2015 dianggap sebagai Witcher of the Year.

Minggu ini saya menyempatkan waktu untuk menyelesaikan beragam sidequest yang masih belum sempat saya selesaikan, dan juga melanjutkan eksplorasi dunia The Witcher 3 yang sangat luas. Setidaknya, setelah menyelesaikan beberapa sidequest, saya baru merasa layak untuk memainkan ekspansi pertama dari The Witcher 3, Hearts of Stone.

witcher3maps_compare_to_other_games

2.) Target Acquired (Android, iOS)

target-acquired_touchten.jpg

Salah satu project mid-core game dari Touchten Games, sukses dari crowdfunding di Kickstarter, akhirnya rilis secara global awal Februari 2016 ini untuk iOS dan Android. Pemain berperan sebagai Yura Anders (plesetan dari You’re Under Arrest), robot polisi di Nekomipolis, untuk mengamankan kota dari serangan si jahat Cammy Iyuka (plesetan dari Catch Me If You Can).

Saya cukup menikmati game ini, mulai dari cutscene yang tersusun rapih, tutorial yang interaktif,  menyelesaikan misi, upgrade armor, hingga boss fight yang menantang. Semua keseruan dalam memainkan Target Acquired, semakin lengkap dengan adanya musik karya komposer legendaris, Manami Matsumae.

Download Target Acquired via Google Play Store dan Apple App Store.

Screen Shot 2016-02-11 at 22.20.12.png

3.) Toilet Squad (Android)

ToiletSquad_1536x2048_1.jpeg

Satu lagi game casual karya Touchten Games, yang rilis pada awal Februari 2016 ini. Dengan gameplay sederhana dan mudah dipahami, pemain akan berperan sebagai Jerry “The Crapper”, Special Squad Policeman pemberani, untuk menghajar penjahat atau membebaskan tawanan yang muncul dari pintu toilet umum. Game yang dapat dimainkan dengan satu tangan ini, cocok untuk mengisi waktu luang saya, khususnya ketika sedang menunggu di ruang publik seperti stasiun kereta api, halte busway, dan sebagainya.

Download Toilet Squad via Google Play Store. Versi iOS menyusul dalam waktu dekat.

ToiletSquad_1536x2048_3.jpeg

4.) Pro Evolution Soccer 2016 (PC, PS3, Xbox360, PS4, Xbox One)

pes2016.jpg

Sebuah franchise game sepak bola dari Konami yang sudah populer sejak era PlayStation 1 (dulu bernama Winning Eleven) ini, menjadi game yang mampu meningkatkan level keakraban saya dengan lawan main, baik kalah ataupun menang. Dikembangkan dengan Fox Engine dari Kojima Productions dan Konami, game sepak bola ini merupakan game olahraga terbaik yang pernah saya mainkan. Kontrol yang intuitif, gerakan pemain yang terlihat halus, dan tentunya teriakan saat berhasil mencetak gol ke gawang lawan, menjadi momen seru dalam bermain PES 2016.

5.) Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots (PS3)

Metal_gear_solid4_12.jpg

Salah satu masterpiece dari Hideo Kojima, sekaligus merupakan cerita penutup dari seri Metal Gear Solid, jika kita lihat dari kronologi-nya. Kekuatan MGS4 justru bukan dari gameplay nya, namun dari cara penyampaian cerita yang disajikan secara sinematik layaknya menonton film di bioskop. Konflik antara saudara kembar, Solid Snake (Old Snake) dan Liquid Ocelot, menjadi fokus utama dalam game ini. Bersyukur karena ada media seperti Youtube, saya yang belum sempat memainkan game ini di konsol PS3 tahun 2008 yang lalu, (paling tidak) dapat menyaksikan semua cutscene keren MGS4 via playlist dari channel TacticVisionz. Terdiri dari 42 bagian, saya akhirnya mampu menonton ke-42 bagian tersebut pada akhir minggu ini. Jadi, tidak punya PS3 untuk memainkan MGS4? Ingin tahu secara terperinci cerita dari MGS4? Youtube adalah sahabatmu.

Screen Shot 2016-02-11 at 23.07.43
Poster Policenauts di dinding, video game karya Hideo Kojima di era awal PlayStation 1, muncul sebagai Easter Egg
akina_minami
Akina Minami, model cantik asal Jepang yang menjadi bagian dari promosi MGS4, hadir beberapa kali dalam game

Sekian GeMiGu edisi ketiga ini, Did You Rike It?

did_you_rike_it_kojima

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s