#GeMiGu edisi 2 – Special #GGJ16 | 25-31 January 2016


Minggu ini, waktu bermain game saya cukup terbatas dikarenakan berbagai kesibukan di dalam kantor maupun di luar kantor. Minggu ini juga, teman-teman game developer di seluruh dunia, secara serentak mengadakan acara bernama Global Game Jam, termasuk di Indonesia. Banyak game-game keren yang dihasilkan lewat acara satu ini. Saya cukup menyesal tidak sempat untuk ikut serta dalam acara GGJ tahun 2016 ini, meskipun sebelumnya saya bisa mengikutinya berturut-turut di tahun 2014 dan 2015, dikarenakan ada tugas dan kegiatan lain yang harus saya prioritaskan di waktu yang sama (seandainya saya punya jurus Kagebunshin no Jutsu ala Naruto). Hal ini mengingatkan saya akan momen di film Boruto, bagaimana rasanya Naruto menjadi Hokage dan Ayah di saat yang sama. Belajar membuat skala prioritas! Work-Life Balance!

Sekian intermezzo minggu ini, untuk edisi ke-2 ini (puji Tuhan bisa on time posting kembali), saya akan kembali membagikan 4 game keren yang saya mainkan minggu ini, plus beberapa game yang sempat saya coba di #GGJ16 Jakarta. Inilah GeMiGu edisi kedua,

1.) The Witness (PC, PS4)

jonathan-blow-the-witness-game-wallpaper

Game dengan genre puzzle yang merupakan penerus spiritual dari game Braid yang sukses di tahun 2008-2009 yang lalu, akhirnya rilis untuk platform PlayStation 4 dan PC pada tanggal 26 Januari 2016. Game yang sudah dikembangkan kurang lebih selama 7 tahun ini, terhitung sejak tahun 2008, merupakan karya terbaru dari Jonathan Blow bersama timnya di Thekla, Inc.

Satu jam pertama saya memainkan game ini, perasaan puas, terkesima, sekaligus frustasi di saat yang sama. Rasa puas meskipun hanya berhasil menyelesaikan beberapa puzzle-puzzle kecil dan relatif mudah, mirip pepatah ‘lakukanlah tugas-tugas kecil dengan cinta yang besar, akan ada saatnya tugas-tugas besar menantimu di masa depan‘. Terkesima, ketika melihat indahnya visual dalam pulau yang menjadi setting The Witness ini. Frustasi, saat buntu tidak bisa menyelesaikan puzzle tertentu yang tingkat kesulitannya ibarat ‘Dark Soul‘ khusus game puzzle. Masih ada puluhan jam yang harus saya lalui untuk menyelesaikan puzzle-puzzle dalam game ini.

Kotaku sempat membuat artikel nostalgia, berisi video rekaman presentasi dari Jonathan Blow, menjelaskan tahapan awal dalam pengembangan game The Witness ini. Lewat video tersebut, saya bisa melihat bagaimana visi, konsistensi, dan kegigihan dari seorang Jonathan Blow untuk mengembangkan The Witness. “When a game makes you feel smart, that’s so great!“, tukas Jonathan Blow.

Kamu bisa beli game The Witness di PC via Steam dan PS4 via PS Store.

kbvddy5zenr7wjryskzf

2.) Math & Magic (Android, iOS)

Math&Magic_Touchten_feature graphic_1024x500.png

Ya betul kamu tidak salah baca, judul game ini Math & Magic, bukan Might & Magic nya Ubisoft. Dikembangkan oleh Touchten Games sebagai salah satu project casual yang rilis di awal tahun 2016 ini. Game ini menjadi pengisi waktu luang saya, seperti saat saya sedang menunggu di transportasi publik seperti TransJakarta atau KRL Commuterline. Menunggu sambil mengasah otak lewat game berbasis edukasi seperti Math & Magic, kenapa tidak?

Math&Magic_Touchten_gameplay

Simak trailer keren Math & Magic ini, lalu segera unduh dan mainkan di Android dan iOS.

3.) Roll Kitty Roll (Android)

RollKittyRoll_presskit.jpg

Merupakan sebuah game endless avoider dengan kucing sebagai karakter utamanya. Dikembangkan dan dirilis oleh Nijigames pada tanggal 11 Desember 2015 yang lalu. Gameplay yang sederhana dan karakter kucing-kucing yang lucu menjadi nilai plus dalam game ini. Saya cukup ketagihan memainkan game ini, dan sampai mengulang-ulang demi mendapatkan skor terbaik di leaderboard dari Google Play Games yang tersedia dalam game ini.

Simak trailer Roll Kitty Roll, dan unduh gamenya via Google Play.

4.) Brave Warriors: Zombie Revenge (Android)

bw_small_banner-572x340.jpg

Zombie sepertinya sudah menjadi tema yang sudah lumayan umum di dunia game maupun perfilman. Game mid-core yang dikembangkan oleh Touchten Games ini memulai soft launch nya sejak akhir Oktober 2015 yang lalu, dan akhirnya dirilis secara global untuk Android pada pertengahan Desember 2015.

Sempat memainkan sebentar, hiatus, dan akhirnya memainkannya kembali di minggu ini. Berbekal motivasi mengalahkan boss di chapter yang belum saya selesaikan, saya justru semakin menikmati berbagai fitur yang belum saya coba secara detail dalam game ini, seperti Daily Reward, Free Chest, Relic Item, dan lainnya. Fitur watch video dalam game ini, memberikan benefit yang cukup berarti seperti revive dan restore energy sehingga membantu progression untuk menyelesaikan game ini. Sempat frustasi karena beberapa kali dikalahkan oleh boss Vaernia di chapter Forest of the Ancients, akhirnya merasa sangat sangat puas ketika berhasil mengalahkannya dengan segudang persiapan.

Berikut beberapa screenshot yang berhasil saya dokumentasikan ketika memainkan game ini.

Simak trailernya, dan unduh salah satu game terbaik dari Touchten ini via Google Play.

Special #GGJ16

Untuk GGJ 2016 Jakarta, ada total 14 games (12 digital games + 2 board games) yang dihasilkan, sebuah peningkatan yang luar biasa jika dibandingkan dengan GGJ 2015 Jakarta. Peningkatan tidak hanya dari kuantitas, namun juga dari kualitas, serta munculnya karya board game untuk pertama kalinya dalam GGJ Jakarta ini. Untuk edisi special GeMiGu ini, saya pilihkan dua game hasil GGJ Jakarta 2016 yang menurut saya cukup baik untuk diulas.

1.) Tap Virgin

icon700x

Dikembangkan oleh kreator game fenonemal di GGJ Jakarta 2015 yang lalu, 72 Virgins. Mengusung tema yang sekilas sama, game ini menampilkan seorang dukun sebagai karakter utama, menghadapi makhluk-makhluk raksasa ‘fantastis’ dengan memberikan ‘sesajen’ berupa wanita-wanita virgin.

Game ini mempunyai tampilan yang mirip dengan idle game terkenal, Tap Titan, manusia kecil vs makhluk raksasa. Mengusung gameplay yang berbeda dengan Tap Titan, pemain diharuskan mengikuti serangkaian pattern wanita sesuai yang diminta oleh para makhluk ‘fantastis’. Ada 5 tipe wanita virgin yang tersedia, mulai dari rambut blonde, rambut merah, sampai ke sosok wanita ‘fantastis’. Pemain hanya perlu melakukan tap pada salah satu dari 5 tipe tersebut secara bertahap, untuk mencocokkanya dengan pattern yang diminta.

Screen Shot 2016-02-01 at 01.09.15.png
Diversifier dari Tap Virgin

Fitur cross-promotion dengan game Golden Shower juga merupakan nilai plus dalam game ini. Salah satu karakter dalam game Golden Shower ditampilkan sebagai salah satu makhluk raksasa dalam Tap Virgin.

Info lengkap Tap Virgin bisa dilihat di sini

 

2.) Golden Shower

screen_shot_2016-01-31_at_2.58.56_pm.png

Polished! Satu kata yang terbesit di dalam pikiran saya ketika pertama kali mencoba game ini. Dari segi visual dan performa, game ini terpoles dengan sangat baik dan terlihat sekilas seperti game yang sudah siap untuk diluncurkan. Gameplay-nya cukup sederhana, pemain mengontrol seorang pria yang sedang ‘kebelet pipis’, dan berupaya supaya air emas yang keluar jatuh pada tempatnya, mirip seperti Where’s My Water milik Disney dalam versi yang disederhanakan.

screen_shot_2016-01-31_at_2.50.34_pmscreen_shot_2016-01-31_at_2.50.54_pm

Screen Shot 2016-02-01 at 01.28.17
Diversifier dari Golden Shower

Cross-promotion dengan game Tap Virgin dilakukan dengan menampilkan poster Tap Virgin di salah satu dinding toilet nya.

Info lengkap tentang game ini bisa dilihat di sini

 

Demikianlah 2 game hasil GGJ 2016 Jakarta yang saya ulas, untuk melihat karya-karya keren lainnya dari Global Game Jam 2016 Indonesia, dapat dilihat melalui link berikut:

Malang
Makassar
Bandung
Depok
Jakarta
Surabaya
Semarang
Yogyakarta
Bali
Global

Esai foto #GGJ16 Jakarta

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s