GeMiGu #1 | 18-24 January 2016


Akhirnya saya kembali punya waktu untuk melanjutkan blog post mingguan ini, setelah sempat vakum kurang lebih 3 minggu, dikarenakan beberapa kesibukan di dunia nyata dan dunia maya (baca: gamedev dan gaming time).

Mulai minggu ini, saya memutuskan untuk mengganti edisi Picture of the Week dengan GeMiGu (Game MingGuan -> Weekly Game in English). Sekilas info, blog post mingguan picture of the week saya mulai sejak 3 Agustus 2015 yang lalu, dan saya akhiri di edisi ke-20 awal Januari 2016 ini. Dengan konsep yang mirip dengan sebelumnya, namun saya akan lebih memfokuskan tulisan mingguan ini kepada game-game yang sempat saya mainkan atau menarik untuk dibahas tiap minggunya, yang menurut saya layak masuk ke dalam GeMiGu.

Ok, inilah GeMiGu edisi perdana.

That Dragon, Cancer (PC, Mac, OUYA)

 

photo-original

Berawal dari artikel Polygon yang saya baca pada bulan April 2015 yang lalu, saya langsung penasaran akan game ini. Sebuah game unik dengan cerita yang mampu meremukkan hati, karena dibuat berdasarkan kisah nyata seorang anak balita bernama Joel Green dalam perjuangan hidupnya menghadapi penyakit kanker. Kisah Joel menghadapi kematiannya ini diceritakan dalam sebuah game story-telling atas inisiatif kedua orang tuanya, Ryan dan Amy Green, yang sukses lewat kampanye di Kickstarter pada November 2014 yang lalu. Game yang saya tamatkan dalam waktu kurang lebih 2 jam ini, kembali mengingatkan sanubari saya akan arti sebuah kehidupan dan bagaimana Tuhan berperan dalam segala perkara hidup ini.

that-dragon-cancer-creditsScreen Shot 2016-01-25 at 22.22.37

Dragon’s Dogma: Dark Arisen (PC)

Dragons-Dogma-Dark-Arisen-feature-672x372

Game ini merupakan porting dari game PS3 yang rilis pada tahun 2012 yang lalu. Kualitas porting dari Capcom yang cukup baik, ditambah mod visual yang bisa diunduh di sini, menjadikan Dragon’s Dogma versi PC ini sebagai salah satu game konsol terbaik yang dirilis ulang di PC. Sistem pertarungan yang super keren, sistem pawn sebagai asistenmu dalam pertarungan, dan character creation yang cukup lengkap. Sangat direkomendasikan untuk gamer yang belum sempat mencobanya di versi PS3.

lady_beard_dragons_dogma
Ladybeard Simulator | Sumber: https://www.facebook.com/a.certain.fanfan

 

Pocket Morty (Android, iOS)

pocket_morty.gif

Berawal dari gambar GIF pada Facebook post dan Twitter Adult Swim Games awal Januari 2016 yang lalu, informasi game ini menjadi viral di dunia maya. Game Pocket Morty ini berhasil menghadirkan karakter dari serial animasi Rick and Morty, ke dalam sebuah game mobile baru dengan gameplay ala Pokemon milik Nintendo. Saya pun sempat menghabiskan waktu beberapa jam untuk sekadar mencoba game satu ini. Menikmati gameplay ala Pokemon di gadget Android milik saya, sekaligus mencoba memahami karakter Rick and Morty meskipun saya belum sempat menontonnya, menjadi pengalaman bermain yang cukup memuaskan.

Hardware Rivals (PS4)

psn_packshot

Satu lagi game mobil dengan Unreal Engine, setelah sebelumnya saya terpesona dengan Rocket League. Hardware Rivals mengingatkan saya pada Twisted Metal dan Crash Team Racing battle mode di konsol PlayStation dahulu. Dua tipe kendaraan dalam game ini, Jeep dan Tank, Jeep untuk gamer yang lebih suka kecepatan, dan Tank untuk gamer yang lebih suka kekuatan. Dengan mode multiplayer sebagai konten utama, saya cukup puas khususnya ketika berhasil menghancurkan kendaraan lawan dengan taktik yang dirancang secara sistematis. Namun, game ini masih butuh banyak perbaikan khususnya untuk proses matchmaking, dimana seringkali saya kesulitan menemukan match yang pas, yang notabene merupakan esensi dari sebuah game multiplayer.

One Piece: Pirate Warriors 3 (PC, PS4, PS3, PSVita)

oppw3.jpg

Game One Piece dengan bumbu musou ala game racikan Koei Tecmo dan Omega Force. One Piece: Pirate Warriors 3, mampu mengisi waktu luang saya untuk bermain bersama teman kost saya (sesama penggemar One Piece) dalam mode co-op 2 players. Penuh dengan aksi pertarungan, sekaligus menikmati kembali alur cerita One Piece dari awal Luffy bertemu dengan kru-kru bajak laut topi jerami, sampai dengan yang terbaru dari arc Dressrosa. Wajib dimainkan untuk kalian fans One Piece.

 

Bloodborne (PS4)

bloodborne-ps4.jpg

Prepare to die” ala Souls game (Demon’s Souls, Dark Souls) menjadi momen tak terlupakan dalam game satu ini. Saya yang hanya sempat mencicipi game Dark Souls II di PC, sempat merasa frustasi dengan tingkat kesulitan dan pinalti yang ada dalam game semacam ini. Saya pun sudah menyiapkan diri untuk bermain Bloodbornemerasa frustasi karena layar “YOU DIED” yang muncul beberapa kali, entah tewas oleh musuh biasa maupun oleh bos. Namun, semuanya berubah ketika saya memutuskan untuk replay new game dengan karakter baru, dan berhasil mengalahkan sang bos pertama, Cleric Beast.

Bloodborne-Died-04.jpg

Game ini menjanjikan kepuasan bermain yang luar biasa meskipun hanya berhasil menghajar sekumpulan musuh biasa, dan sangat super duper luar biasa ketika berhasil mengalahkan bos. Saya yang awalnya sempat memutuskan untuk menyerah dan segera menjual blu-ray game ini, akhirnya berubah pikiran untuk mencoba kembali meng-eksplorasi kota Yharnam yang penuh dengan nuansa gothic dan monster-monster yang siap membunuh kapan saja. Lewat pengalaman bermain yang saya rasakan ini, Bloodborne memang layak menjadi game eksklusif terbaik PS4 di tahun 2015 yang lalu. Let’s finish this game, and prepare to die!

 

Ya, itulah 6 game yang mengisi edisi perdana GeMiGu ini. Semoga bisa menjadi referensi kalian untuk bermain. Dan semoga saya bisa konsisten untuk mengisi blog post mingguan ini.

Sebagai penutup, tips terbaik dari Reddit Bloodborne untuk mengurangi load time bermain game satu ini (berlaku juga untuk Dark Souls dan sejenisnya). Happy gaming! 🙂

Screen Shot 2016-01-26 at 00.32.45

 

One thought on “GeMiGu #1 | 18-24 January 2016

Leave a Reply

