Gadget, Teknologi, dan Anak-Anak


Malam hari ini, saya mendapat sharing (via whatsapp) dari tante saya, mengenai kejadian memprihatinkan yang terjadi pada anak perempuannya yang masih kecil. Saya merasa ini hal yang bermanfaat untuk dibagikan, dengan tetap menjaga privasi.

Tante saya merasa shock dengan kejadian yang baru saja menimpa anak perempuan kesayangannya, tentang kiriman pornografi lewat orang yang dikenal dari game mobile online. Namun di sisi lain tante saya juga masih bisa bersyukur. Berikut kutipan dari WhatsApp nya,

Bahaya gadget dan teknologi terhadap anak-anak masa kini
Bahaya gadget dan teknologi terhadap anak-anak masa kini

linechat_1 linechat_2 linechat_3

Lewat sharing singkat ini, saya juga semakin disadarkan untuk lebih peduli kepada orang-orang di sekitar kita khususnya keluarga kita sendiri, yang kita temui setiap hari, setiap waktu, namun terkadang kita seringkali sulit punya waktu untuk mereka. Perhatian khusus untuk adik-adik kita, anak-anak kita (bagi yang sudah berkeluarga), yang hidup di era serba praktis dengan gadget dan teknologi ini.

Saya langsung teringat dengan salah satu artikel menarik dari Hipwee yang mungkin berhubungan dengan kejadian ini, yang berjudul “Saat Anak Atau Adikmu Main iPad, Anak-Anak Bos Google dan Apple Asyik Main Tanah di Sekolah“. Salah satu quote terbaik dari artikel ini,

Mengajar adalah pengalaman manusia. Teknologi justru bisa jadi gangguan ketika mengenal huruf dan angka, belajar hitungan, dan berpikir kritis.

Waldorf memegang filosofi bahwa belajar-mengajar bukan perkara sederhana. Ini tentang bagaimana seharusnya menjadi

waldorf_metode_belajar
via http://www.nymetroparents.com

Sebagai penutup, lagu rohani dari album Grezia Epiphania ini, yang berjudul “Tak Pernah Terlambat”, bagi saya sangat ‘pas‘ dengan kejadian yang baru saja dialami tante saya ini. Tuhan tak pernah terlambat menolong kita, sebab Ia tahu jalan yang terbaik, dan senantiasa hadir bahkan dalam kondisi terburuk hidup kita.

Berkah dalem! 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s