Sedikit Cerita dari Perjalanan ke Jepang September 2015 – Part 2

Hari kedua di Jepang, 16 September 2015, menjadi pagi hari pertama kami berada di Jepang. Kami bangun pagi, menikmati indahnya suasana kota Makuhari dan bersiap untuk jalan-jalan pagi menuju Makuhari Messe. Lokasi Makuhari Messe tempat berlangsungnya TGS ternyata cukup dekat dari hotel kami, kurang lebih 5-10 menit dengan jalan kaki. Beberapa Convenient Store di sini di antaranya ada Mini Stop, 7-Eleven, dan Lawson. Makan pagi onigiri yang dibeli di “combeni” menjadi kegiatan rutin kami untuk mengisi perut di pagi hari.

Pemandangan pagi hari dari lantai 5, Hotel Makuhari Springs
Tiba di Makuhari Messe, kami melihat para exhibitor TGS sedang mempersiapkan masing-masing booth mereka dengan antusias. Kami cukup terkagum-kagum ketika melihat petugas seperti cleaning service, kuli barang berat, dan semacamnya, justru ternyata adalah orang-orang yang punya paras “cantik” dan “ganteng”, sebuah hal yang jarang saya lihat di Indonesia. Kami pun juga ikut mempersiapkan booth “Indonesia Game Studios”, memasang banner, mempersiapkan booklet, mengatur colokan listrik, dan sebagainya. Setelah selesai mempersiapkan booth, kami berkeliling Makuhari Messe yang luar biasa luas, dengan kurang lebih 9 hall untuk TGS nanti. Puas berkeliling, kami pun bersiap untuk makan siang dan menuju Tokyo Disney Sea. 😀
Day 2, Sept 16_6654
Suasana Makuhari Messe, 1 hari sebelum TGS dimulai

Kami makan siang bersama di resto India Mantra, dengan menu “all you can eat” dengan harga kurang lebih 1000 yen. Sajian kari nya menjadi salah satu favorit saya di resto ini. Selesai makan siang, kami pun berangkat ke Tokyo Disney Sea, menggunakan transportasi kereta api Japan Railways. Ini menjadi pengalaman pertama saya naik kereta di Jepang. Ko Anton juga menginformasikan kepada kami bahwa biaya transportasi di Jepang cukup mahal dan mungkin salah satu yang termahal di dunia. Namun harga mahal tersebut sebanding dengan pelayanan dan kualitas transportasinya. Jika biasanya saya tidak pernah memperhatikan jadwal kereta api secara seksama di KRL Jabodetabek Indonesia, maka saat berada di stasiun Jepang, jadwal kereta api menjadi satu hal yang wajib diperhatikan, karena luar biasa ‘on time’ nya kereta di Jepang. Aplikasi seperti Navi Time (bahasa Jepang) dan Hyperdia (bahasa Inggris) menjadi aplikasi yang bermanfaat untuk mencari informasi dan jadwal kereta di Jepang.

Menu
Menu “all you can eat” di restoran India, Mantra.

Tiba di stasiun terdekat dari Tokyo Disney Sea, kami melanjutkan perjalanan dari Resort Gateway Station, dimana tersedia kereta api milik “Tokyo Disney Resort” untuk berangkat menuju Tokyo Disney Sea. Di dalam kereta kami merasakan nuansa khas Disney seperti jendela kereta api dan pegangan berdiri berbentuk kepala Mickey Mouse. Dan tanpa terasa, kami pun tiba di Tokyo Disney Sea, lagi-lagi menjadi pengalaman pertama saya (dan beberapa teman lain), berkunjung ke sini. Ko Anton mengingatkan kepada kami akan impiannya, membawa kami semua anggota keluarganya di Touchten ke Jepang. Perlahan tapi pasti, tahun ini saya dan 5 teman lainnya merasakan kuatnya impian ko Anton tersebut, setelah di tahun sebelumnya 5 teman Touchten lain sudah terlebih dahulu merasakan pengalaman pergi ke Jepang. Sungguh bangga dan bahagia punya boss yang terasa seperti ayah sendiri.

Day 2, Sept 16_2187
Naik Kereta Disney!
Day 2, Sept 16_3125
Tiba di Resort Gateway Station, Tokyo Disney Sea

Bagian pertama Disney Sea, terdapat sebuah “globe” raksasa, dan sungguh bangga ketika melihat kepulauan Indonesia cukup mencolok di salah satu sudut pandang. Dekat dari situ, kami melihat banyak orang duduk, menunggu sebuah special event bernama “The VIllains World” yang akan dimulai pukul 14.30 sore nanti berlokasi di Mediterranean Harbor. Karena waktunya masih cukup lama untuk special event ini, kami memutuskan untuk berkeliling terlebih dahulu menikmati bagian lain di Disney Sea. Kami mampir ke wahana “Journey to Center of the World”, yang ternyata sedang ditutup sementara waktu, lalu ke “Mermaid Lagoon” yang menampilkan dunia dari “Little Mermaid”. Kami membeli fast pass ticket untuk sore hari nanti untuk wahana “Mermaid Lagoon”. Satu insiden sempat terjadi di mana, Rendy “Samsul” Haruman, salah satu teman kami, terpisah dan menghilang. Namun tidak lama kemudian, Fadhil berhasil menemukannya dengan menelusuri ke belakang jalur kedatangan kami. Karena tidak adanya nomor HP yang aktif, kami menjadi bergantung pada koneksi internet dari mobile Wi-Fi yang menjadi satu-satunya sarana kami untuk berkomunikasi via LINE. Kami pun kembali ke Mediterranean Harbor untuk menyaksikan pertunjukan “The Villains World” yang akan segera dimulai.

Foto bersama di depan Globe, Tokyo Disney Sea
Para pengunjung yang menunggu pertunjukkan
Para pengunjung yang menunggu pertunjukkan “The Villains World”
Maleficent dari
Maleficent dari “The Villains World”

Lima menit sebelum pertunjukkan dimulai, pengelola menginformasikan segala hal tentang pertunjukan. Satu hal yang kembali membuat saya takjub adalah begitu “on time” pertunjukkan dimulai bahkan sampai ke detik dimulainya. Totalitas dan profesionalisme para pengelola Tokyo Disney Sea sangat terlihat di sini. Pertunjukan “The Villains Show” pun dimulai dengan meriah, bahkan tetap indah meskipun jarak kami melihat cukup jauh. Segala efek musik, suara, visual, dan sebagainya dikemas secara luar biasa, yang bahkan tidak bisa saya ungkapkan dalam tulisan ini. Selesai pertunjukkan, kami pun pergi ke wahana “Indiana Jones”, mengantri selama kurang lebih 90 menit untuk wahana ini. Masih dalam antrian, setelah mencapai setengah bagian, kami tiba di bagian dalam yang mirip seperti goa, dan melihat bagaimana para pengelola punya “attention to detail” pada setiap replika, ukiran, dan berbagai pernak-pernik lain di dalam goa. Antrian terasa tidak membosankan karena kami bisa menikmati suasana dalam goa ini. Dan wahana pun dimulai, kami naik kereta berisikan 12 orang, merasakan serunya petualangan ala Indiana Jones, dan di akhir bagian kami difoto secara tidak sadar oleh sistem wahana mereka. Hasil foto pun bisa kami lihat setelah keluar dari kereta.

Bersama bos tercinta, Anton Soeharyo
Bagian akhir, Indiana Jones
Random event di Disney Sea
Goofy group cosplay!
Setelah itu, kami juga naik wahana “2000 feets under the sea” (CMIIW), lalu mampir ke “Agrabah” tempat Alladin ala Disney berada, dan berangkat menuju Mermaid Lagoon untuk melihat pertunjukkan Ariel, King Pluton, dan para karakter dari “Little Mermaid” yang sangat kuereenn. Karakter Ariel si duyung diperankan oleh seorang wanita cantik, dan karakter lainnya menggunakan model bergerak. Satu poin plus untuk model karakter “King Trithon” yang ditampilkan secara luar biasa detail dari ujung rambut hingga ujung ‘duyung’-nya. Selesai dari Mermaid Lagoon, kami kembali ke Mediterranean Harbor untuk menyaksikan special event kedua hari ini “Fantasmic”, yang menampilkan Mickey Mouse sebagai seorang penyihir untuk menciptakan dunia magis fantasi di perairan Mediterranian Harbor. Kembali kami dibuat takjub lewat pertunjukkan ini, mulai dari “on time” nya sampai ke efek visualnya. Semakin indah karena suasana malam hari di sini sungguh menawan. Cuaca hujan pun melanda Disney Sea, dan setelah pertunjukkan “Fantasmic”, kami pun hanya sempat mampir ke bagian “Toy Story” sebelum akhirnya memutuskan untuk kembali pulang ke Hotel Springs Makuhari, menyiapkan tenaga untuk Tokyo Game Show Business Day 1 esok hari.

Terima kasih Tokyo Disney Sea, sebuah pengalaman wisata berharga yang mungkin tidak akan kami lupakan seumur hidup kami. Terima kasih ko Anton untuk impiannya membawa kami semua ke sini.
Bersambung ke part 3

Gallery part 2:
Day 2, Sept 16_2883 Day 2, Sept 16_4673 Day 2, Sept 16_6411 Day 2, Sept 16_8987 Day 2, Sept 16_4109
Day 2, Sept 16_624 Day 2, Sept 16_1416 Day 2, Sept 16_3025 Day 2, Sept 16_3724 Day 2, Sept 16_3828 Day 2, Sept 16_5596 Day 2, Sept 16_5625 Day 2, Sept 16_5874 Day 2, Sept 16_6353 Day 2, Sept 16_8078 Day 2, Sept 16_8532 Day 2, Sept 16_8256 Day 2, Sept 16_8708 Day 2, Sept 16_8789 Day 2, Sept 16_9294 Day 2, Sept 16_9707 Day 2, Sept 16_9422