Sedikit Cerita dari Perjalanan ke Jepang September 2015 – Part 1

Tahun 2015 ini menjadi kesempatan berharga bagi saya dan beberapa teman di Touchten Games. Kami berenam, Enlik, Fadhil, Happy, Johana, Rendy, dan pak Omar dipercaya oleh ko Anton, ko Roki, dan ko Dede selaku Founders Touchten untuk berangkat ke Jepang, mewakili kepanitiaan Indonesia Game Developer di event Tokyo Game Show 2015. Sungguh menjadi pengalaman berharga bagi kami berenam.

Hari Senin, 14 September 2015, kami masih masuk kerja seperti biasa. Lalu selesai jam kerja, kami bersama menginap di kantor, mempersiapkan segala perlengkapan sebelum berangkat. Kira-kira pukul 2 pagi, kami bersiap berangkat ke bandara Soekarno Hatta. Sebelum berangkat kami menyempatkan diri berdoa bersama, mohon keselamatan dalam perjalanan dan rahmat supaya kami bertanggung jawab atas kepercayaan yang telah diberikan Founders di Jepang sana. Kami berangkat menggunakan taksi Uber. Keberuntungan pertama datang kepada kami, karena ternyata biaya Uber masih dalam promo Thamrin, sehingga kami benar-benar gratis naik Uber. Yatta! 🙂

64096 edit
Naik Uber gratis dari Thamrin 🙂

Kami tiba lebih awal di Bandara, sehingga cukup banyak waktu luang di sini (saya menggunakan waktu luang ini untuk menulis blog post ini). Kami berfoto secukupnya, untuk kepentingan dokumentasi 🙂

Tiba di pintu masuk Terminal 2, Bandara Internasional Soekarno Hatta
Menunggu boarding pass

Kira-kira pukul 06.20 pagi, kami akhirnya berangkat dengan pesawat JAL (Japan Airlines), ‘direct flight’ langsung ke bandara Narita Jepang. Di dalam pesawat, kami merasakan pelayanan yang sangat baik dari para pramugari JAL. Fasilitas yang disediakan juga cukup bermanfaat untuk mengisi waktu 6 jam perjalanan, seperti perangkat portable untuk berbagai macam hiburan (movie, lagu, e-book, info pesawat, info imigrasi, info keselamatan, dan sebagainya). Tak terasa kami pun tiba di bandara Narita pukul 16.00 waktu setempat (pukul 14.00 di Jakarta).

Tidur dulu sambil menunggu keberangkatan
Kursi 53 C s/d 53F pesawat JAL
Kursi 53 C s/d 53F pesawat JAL, Enlik, Pak Omar, Johana, Rendy
Kursi 53A dan 53B pesawat JAL
Kursi 53A dan 53B pesawat JAL, Fadhil dan Happy
Film-film box office tersedia perangkat portable ini, salah satunya Avengers: Age of Ultron

Sampai di Narita, kami mengurus imigrasi, lalu dijemput oleh bos tercinta, ko Anton. Hari ini keberuntungan kedua terjadi, kami hampir terlambat naik bus bandara menuju hotel, tepat jam 5 sore kami bergegas naik bus. Kira-kira 40km perjalanan dari Bandara ke Hotel, ditempuh hanya dalam waktu 30 menit, karena lalu lintas Jepang yang ternyata luar biasa lancar sore ini. Kami istirahat sejenak di hotel, lalu diajak ko Anton menuju Makuhari Messe, tempat berlangsungnya Tokyo Game Show dalam 2 hari yang akan datang. Kemudian, kami makan malam di Watabi Resto, ditraktir oleh ko Anton juga (*domo arigatou gozaimasu..!). Belum puas setelah makan kenyang, kami menghabiskan sisa waktu malam ini dengan bermain di Sega Game Center di dekat Hotel, lalu jalan-jalan malam ke Mini Stop (supermarket Jepang), 7Eleven Jepang, dan menuju ke daerah sekitar laut, tempat stadion QVC Marine Field kota Chiba berada.

Tiba di Hotel
Berkunjung ke Makuhari Messe
Makan Malam di Watabi Resto
Bermain di SEGA Game Center
Yukata Happy dan Jojo
Yukata Enlik dan Rendy

Hari pertama menjadi pengalaman menyenangkan kami mengenal kota Jepang di malam hari, udara yang segar, jalanan yang bersih, lalu lintas yang teratur, sepeda di mana-mana, dan orang-orang Jepang kami temui di jalan. Terima kasih Touchten!