Digital Tutors – Investasi Belajar Online


Beberapa hari ini, saya mulai intropeksi tentang kemampuan saya di industri gamedev ini khususnya dalam penggunaan game engine Unity. Saya merasa masih memiliki banyak kekurangan dalam penggunaan game engine Unity ini. Pesatnya perkembangan teknologi khususnya di bidang game development, terkadang membuat saya malas untuk belajar teknologi-teknologi baru yang ada pada software lama seperti Unity. Oleh karena itu, saya berinisiatif untuk mencari tempat belajar software yang bisa dilakukan secara online dan otodidak. Saya sempat mencari di Coursera, Udacity, dan Edx, tempat saya belajar online dahulu, namun materi untuk gamedev sangat terbatas sekali. Dan pada akhirnya, saya menemukan Digital Tutors, yang ‘katanya’ adalah perpustakaan digital terbesar untuk bidang industri kreatif seperti 3D, Web, Ilustrasi, GameDev, dsb.

Digital Tutor - GameDev section

Awalnya saya hanya mencoba versi gratis saja, namun akhirnya merasa terbatasi dengan segala keterbatasan versi gratis nya. Setelah mempertimbangkan ini-itu, saya memutuskan untuk beralih ke premium user Digital Tutors, dengan subscription $29/month (Subscriber Basic), dan akhirnya saya upgrade ke $49/month (Subscriber Plus), karena saya sangat membutuhkan fitur offline nya. Kenapa offline? Karena saya saat ini adalah anak kost-an dengan sinyal dan kuota internet terbatas, dan offline adalah satu-satunya cara untuk belajar secara intensif. Jadi, sebelum saya kembali ke kost-an, saya bisa download materi-materi Digital Tutors (via internet kencang di kantor atau internet di rumah saat saya pulang), lalu akses materi-materi tersebut secara offline. Saya merasa uang $49/month tidaklah semahal yang dikira, asalkan benar-benar dimanfaatkan secara maksimal waktu untuk belajarnya. Saya anggap uang tersebut sebagai investasi untuk pengembangan diri dan karir saya pribadi. Kata pepatah, uang bisa dicari, namun ilmu harus selalu dilatih. *random

Subscriber Plus Digital Tutors ini juga menambahkan beberapa fitur yang saya suka, seperti Assessments Test (semacam ujian pilihan ganda setelah selesai course), Sertifikasi, dan akses download ke project files.

Yeah, saya lolos ujian!

Pada saat blog post ini dibuat, saya baru memulai kurang lebih 2 hari Digital Tutors bagian gamedev Unity. semoga saya bisa konsisten belajar via media ini dan hasilnya bisa saya sharingkan ke teman-teman pembaca, karena saya percaya ilmu itu ada untuk dibagikan. #IlmuBerbagi

Selamat belajar! 🙂

Leave a Reply

