Melayani dan Mengasihi


Blog post kali ini bersumber dari Renungan Audio Pria Katolik edisi 25 November 2014 yang bertema “Melayani dengan Tulus”, yang saya rangkum dan renungkan khususnya tentang melayani dan mengasihi dengan kata-kata saya sendiri

Apa sih melayani itu? Kalau menurut saya berdasarkan pengalaman menjadi orang Katolik, pelayanan adalah berbagi waktu, tenaga, hati dan pikiran untuk Tuhan dan Sesama. Hal ini pernah ditekankan oleh Romo Sigit selaku pembicara pada saat acara T4T (Training for Trainers Youth Biblers) and Bible Camp, pada tanggal 7-9 November yang lalu di KM 0 Resort, Sentul, Bogor. Romo Sigit juga menekankan bahwa setiap umat Kristiani harus siap melayani.

Apakah orang yang melayani selalu disertai rasa mengasihi? Kita ambil contoh SPG di acara-acara pameran. Mereka melayani namun belum tentu mengasihi. Karena di satu sisi mereka melayani karena diberi bayaran oleh pihak penyelenggara.

Lalu bagaimana orang yang mengasihi? Itu seperti Mama Papa yang senantiasa mengasihi kita dari kecil hingga dewasa. Seperti kita mengasihi orang yang kita sayangi, pacar, istri, sahabat, dan orang-orang yang kita kasihi lainnya.

Jadi, melayani belum tentu mengasihi. Akan tetapi, mengasihi tentu melayani dengan tulus dan sepenuh hati.

Sebagai penutup di blog post ini, saya mengutip lagu Tahun Pelayanan KAJ (2014).

Yesus bersabda bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Aku yang memilih kamu. Kita dipilih bukan untuk dilayani, tetapi untuk melayani sesama.

Ayat emas Alkitab tentang “Melayani dan Mengasihi”

1 Tesalonika 2:6  juga tidak pernah kami mencari pujian dari manusia, baik dari kamu, maupun dari orang-orang lain, sekalipun kami dapat berbuat demikian sebagai rasul-rasul Kristus.

Yohanes 3:30  Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil.

Kisah Para Rasul 24:16  Sebab itu aku senantiasa berusaha untuk hidup dengan hati nurani yang murni di hadapan Allah dan manusia.

Leave a Reply

